SOSIALISASI SINGKRON PTS KALTIM KALTARA DI LINGKUNGAN LLDIKTI WIL.XI KALIMANTAN

Sosialisasi SINGKRON PTS KALTIM KALTARA ,Menara Bahtera, 20 September 2018

Dosen merupakan pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama melaksanakan pendidik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat atau yang dikenal dengan Tridharma Perguruan Tinggi. Pengetahuan tentang Jabatan Karier Dosen merupakan suatu hal yang penting dalam pengembangan dosen.

Dalam rangka Peningkatan pengetahuan, pemahaman dan pemahaman tentang jabatan karier dosen. Koordinasi Wilayah XI Kalimantan melaksanakan Sosialisasi Jabatan Fungsional Dosen PTS Kalimantan timur dan Utara, Balikpapan, 20/9/2018. Acara dibuka oleh Kepala LLDIKTI Kopertis Wilayah XI, Prof.Dr.Idianoor Mahyudin.MSi..

Dalam kegiatan ini ASMI Airlangga Balikpapan mengirimkan 4 orang Dosennya yakni Ibu Nany Pancawardany.SE.,MM . Bapak Mada Aditia Wardhana.S.Sos.,MM. Bapak Nanang Sujatmiko.S.Kom.,dan Ibu Hety Devita.SE.,MM.

Pada sesi pembukaan,  Prof. Idiannor Mahyudin. menyampaikan pertama dosen dosen yang mengikuti diharuskan fokus pada sosialisasi ini karenan ini salah satu fungsi dari Kopertis yaitu pembinaan dosen, baik dosen PNS DPK atau Dosen tetap yayasan / DTY. Yang kedua, dosen harus menjalankan kewajiban tridharma PT dengan penuh tanggung jawab. Melaksanakan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Diharapkan kepada penyelenggaran PTS juga memberikan fasilitas dan motivasi kepada dosen dosennya agar mereka dapat mengembangkan kariernya dan mencetak alumni alumni yang kompetitif.

Pada sesi pertama, disampaikan Jabatan Karier Dosen sesuai dengan PERMENPAN dan RB Nomor 17 Tahun 2013 Jo. Nomor 46 Tahun 2013. Jenjang karier dosen yang harus ditempuh dosen adalah Asisten ahli, Lektor, Lektor Kepala dan Guru Besar. Dalam menempuh kariernya tersebut disyaratkan penetapan angka kredit. Angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan jabatan harus memenuhi angka kredit komulatif. Angka kredit merupakan seluruh butir kegiatan memperoleh dan melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, melaksanakan pengabdian pada masyarakat dan penunjang tri dharma PT. Dalam sesi ini juga disampaikan syarat kenaikan jabatan dosen, standar penilaian PAK.

Pada sesi selanjutnya, dipaparkan Sistem Informasi Angka Kredit Online (Singkron). Singkron merupakan salah satu produk inovatif berbasis IT dari Kopertis Wilayah XI. Singkron akan memfasilitasi dosen di lingkup binaan Kopertis Wilayah XI yang mengusulkan jabatan fungsionalnya secara sistem online. Proses pengajuan, verifikasi berkas usulan, penilaian berkas dan penetapan angka kredit dilaksanakan secara online. Pemanfaatan IT dalam proses birokrasi terus diterapkan dan dikembangkan Kopertis XI dalam rangka peningkatan layanan kepada masyarakat

Kunjung Pantau Ketua LLDIKTI Wil.XI Kalimantan

Seiring dengan kegiatan Kunjung Pantau atau yang lebih dikenal dengan istilah “KUNTAU” Ketua LLDIKTI Wil.XI Kalimantan Prof.Dr.Idianoor Mahmudin.MSi menyempatkan diri untuk menyambangi ASMI Airlangga Balikpapan pada Sabtu, 15 September 2018 Pukul 16.00 WITA. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Ketua LLDIKTI Wil.XI Kalimantan dalam lawatannya ke Balikpapan.

Semoga kunjungan ini menambah semangat bagi karyawan dan mahasiswa ASMI yang sejak September 2018 ini mengawali tahun Ajaran Barunya di Kampus dengan model Arsitektur Klasikal ini, ” Kampus Cheng Ho”.

 

,

Informasi Praktek Kerja Profesi

Selamat Pagi,

Diinformasikan kepada Mahasiswa Prodi Kesekretariatan dan Manajemen Perusahaan (KS.05 & MP.05) bahwa Panduan Praktek Kerja Profesi (PKP) dan Jurnal Konsultasi PKP dapat di download di WEB ASMI pada Bagian Library.

Demikian terimakasih,

 

Akademik

LOKAKARYA PENYUSUNAN DOKUMEN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI)

LOKAKARYA SPMI

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tinggi, Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melaksanakan program pembinaan program studi menjadi prodi unggul melalui penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Dengan penerapan SPMI diharapkan dapat menumbuhkan budaya mutu dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi yang dapat diukur dengan kenaikan peringkat akreditasi program studi.

Akademi Sekretari Dan Manajemen Indonesia (ASMI) Airlangga Balikpapan mengambil bagian pada pelaksanaan workshop SPMI tersebut yang diselenggarakan di Jakarta pada 13-15 September 2018, dengan mengutus wakilnya Bapak Mada Aditia Wardhana.S.Sos.,MM selaku Wakil Direktur I bidang Akademik kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan.

 

Koordinasi Akreditasi Prodi Manajemen Perusahaan

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

Landasan dari akreditasi sebuah intitusi pendidikan yakni Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Pasal 60 dan 61). Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen (Pasal 47) Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Pasal 86,87, dan 88). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 28 Tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Akreditasi menjadi sebuah aset penting untuk menetapkan posisi sebuah lembaga institusi perguruan tinggi atau program studi dalam tataran kompetisi pengelolan dengan institusi perguruan tinggi dan program studi lain serta merupakan tolok ukur bagi lembaga pengguna produk program perguruan tinggi untuk memastikan lulusan tersebut layak karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang terkawal dengan baik.

Dalam rangka persiapan akreditasi tersebut ASMI Airlangga bersama dengan team terkait pada senin 10 September 2018 bertempat di ruang rapat ASMI Airlangga melakukan koordinasi guna persiapan untuk pelaksanaan Akreditasi prodi Manajemen Perusahaan, hal ini sangat diperlukan agar ASMI Airlangga dapat meningkatkan mutu dan daya saing terhadap lulusannya.

Yudisium XII ASMI Airlangga Balikpapan

ASMI Airlangga Balikpapan melaksanakan Yudisium ke XII pada 25 Agustus 2018, Jumlah peserta yudisium sebanyak 25 Orang terdiri dari 17 orang dari jurusan Adminitrasi Perkantoran dan 8 orang dari Manajemen Perkantoran. Yudisium kali ini dihadiri oleh Ketua BPH Yayasan Airlangga, Bapak Agung Sakti Pribadi.SH., MH dan Pembina Yayasan ibu Mulia H.Deviantie.,SE